Galaksi Andromeda

Sumber Gambar Google

Alam semesta sangat luas, bisa dikatakan tidak terbatas. Alam semesta berisi udara hampa dan benda-benda angkasa, seperti bintang, satelit, planet, meteor, dll. Bintang yang memiliki cahaya sendiri dan bisa mempengaruhi benda angkasa lain dengan cahaya dan gravitasinya sehingga berputar mengelilinginya sesuai orbit disebut pusat tata surya. Keseluruhan dari pusat tata surya, benda angkasa yang mengelilingi pusat tata surya, orbit, dll. disebut tata surya atau galaksi.Kita, manusia, tinggal di sebuah galaksi yang diberi nama Galaksi Bimasakti, dimana matahari sebagai pusat tata surya.

Terdapat banyak planet yang berputar mengelilingi matahari, ada delapan planet yang berputar mengelilingi matahari, yaitu: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.Hanya bumilah yang terdapat kehidupan didalamnya. kita, manusia, hidup di bumi yang dominan dengan air sehingga dapat mendukung kehidupan.Tapi, galaksi yang ada di alam semesta bukan hanya galaksi bima sakti. Terdapat banyak galaksi bertebaran di alam semesta..Dengan banyaknya galaksi, bisa jadi bukan hanya kita, manusia, sendiri yang hidup di alam semesta ini. Terdapat kemungkinan, kalau setiap galaksi terdapat, minimal satu, planet yang terdapat kehidupan didalamnya. Who knows?UFO (Unidentified Flying Object) atau lebih dikenal dengan sebutan alien, bisa jadi adalah makhluk dari luar galaksi bima sakti yang lebih maju secara teknologi. Mereka memberikan sinyal bahwa kita, manusia, tidak sendiri di alam semesta ini. A.Pengenalan Galaksi Andromeda
Galaksi Andromeda (Messier 31, M31, atau NGC 224) adalah salah satu galaksi di luar Bima Sakti yang dapat di lihat dengan mata telanjang, asalkan di lihat pada malam yang cerah, tanpa bulan dan tanpa polusi cahaya. Strukturnya mirip dengan bima sakti, yaitu berbentuk spiral. Jaraknya sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Letaknya di langit adalah belahan langit utara, sekitar 41 derajat di sebelah utara khatulistiwa langit, baik di amati sekitar bulan September, oktober, November.
Dengan mata telanjang, galaksi ini Nampak seperti kabut tipis kecil di langit utara, tapi jika di amatai dengan teropong yang dapat menampakkan bintang-bintang redup di tepian galaksi Andromeda, yang ternyata ukuran galaksi Andromeda bisa lebih dari 7 kali diameter sudut bulan. Galaksi ini berisi sekitar 1 triliun bintang, dan bergerak  mendekati bima sakti dengan kecepatan 300 meter km/detik.
B. Bentuk Galaksi Andromeda
Bentuk galaksi ini  spiral sama halnya dengan bentuk galaksi bima sakti. Biasanya bagian utama galaksi yang berbentuk spiral ini adalah halo dengan bagian utama, bidang galaksi(lengan spiral), dan bulge (bagian pusat galaksi yang menonjol).
Galaksi spiral merupakan salah satu jenis galaksi yang mengandung debu dan gas serta tersusun dari bintang-bintang tua dan muda. Populasi galaksi seperti ini merupakan populasi galaksi terbrsar, yakni 80% dari keseluruhan galaksi yang terdapat di dalam. Galaksi ini juga memiliki variasi, semacam galaksi spiral berbatang, berbentuk cerutu dan menjuntai. 
C. Kecepatan dan Jarak
Galaksi seperti ini jiga memiliki kecepatan rotasi yang tinggi. Jarak galaksi Andromeda ini sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Untuk mengarungi jarak sejauh itu, cahaya memerlukan waktu 2,5 juta tahun. Ini berarti cahaya yang kita terima dari galaksi ini adalah cahaya yang dikirimnya 2,5 juta tahun yang lalu yang menggambarkan keadaan galaksi tersebut pada waktu itu.
Jarak yang merentang antara Bima Sakti dan Andromeda sejauh 2,5 juta tahun cahaya itu dalam ukuran astronomi masih terhitung dekat. Jarak ke galaksi-galaksi lainnya jauh lebih fantastis. Bahkan ada yang sampai milyaran tahun cahaya.
Dan inilah sedikit gambaran tentang Galaksi Andromeda, salah satu galaksi yang ada diantar galaksi-galaksi lainnya yang terdapat di luar angkasa, yang dapat kami tulis. selamat membaca dan semoga bermanfaat. silakan pembaca tambah apabila ada kekuranga. terimakasih..
 


Refrensi:
(http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/75406)( http://id.wikipedia.org/wiki/Galaksi_Andromeda)(http://anandaaristya.wordpress.com/2011/04/12/alam-semesta-ada-kehidupan-lain-di-luar-bima-sakti/)
jabriex .:.


Comments

Popular posts from this blog

Teori Atom Modern

Penemu Samudra Atlantik